SIAGIAN, ETY KURNIA (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BUKU DI GRAMEDIA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER_ETY KURNIA SIAGIAN_210240135.pdf Download (18kB) |
|
|
Text
ABSTRAK_ETY KURNIA SIAGIAN_210240135.pdf Download (126kB) |
|
|
Text
BAB I_ETY KURNIA SIAGIAN_210240135.pdf Download (436kB) |
|
|
Text
DASPU_ETY KURNIA SIAGIAN_210240135.pdf Download (402kB) |
|
|
Text
SKRIPSI_ETY KURNIA SIAGIAN_210240135.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Buku Di Gramedia Lhokseumawe”. Penelitian ini berfokus pada Strategi komunikasi pemasaran offline yang digunakan oleh Gramedia Lhokseumawe dalam meningkatkan penjualan buku, dan mengidentifikasi hambatan yang dihadapi Gramedia Lhokseumawe dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan buku di Gramedia Lhokseumawe menggunakan teori Integrated Marketing Communiacation (IMC). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Gramedia Lhokseumawe telah menerapkan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan lima elemen dalam teori Integrated Marketing Communication (IMC) yaitu: advertising (periklanan) menggunakan periklanan secara offline dan online, sales Promotion (promosi penjualan) menghadirkan berbagai diskon, membership gramedia di aplikasi myvalue. Public relation (hubungan masyarakat) silaturahmi ke sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe mensosialisasikan program-program Gramedia kepada pihak kepada pustakawan, silaturahmi ke dinas perpustakaan kota Lhokseumawe, dan mengadakan bajar di dayah Al-muslimun. Personal selling (penjualan personal) memberikan target penjualan kepada karyawan dengan nominal tertentu, dan display produk. Direct marketing (pemasaran langsung) melayani pemasaran secara langsung di toko dan melalui whatsApp. Hambatan yang teridentifikasi pada Gramedia Lhokseumawe pada tiga aspek yaitu: hambatan pada sumber, bahwa Gramedia Lhokseumawe mengalami kendala dalam penyebaran informasi. pada hambatan encoding yaitu kurang maksimal dalam proses penyampaian pesan, selanjutnya ada hambatan pada penyampaian pesan memakai saluran yang sama dengan Gramedia Banda Aceh mengakibatkan pesan informasi kurang efektif. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Gramedia, Meningkatkan Penjualan.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Ety Kurnia Siagian |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 07:14 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 07:14 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




