Salsabila, Putri (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (FACEBOOK PROMOTION) KELOMPOK SWADAYA DALAM MEMPERKENALKAN OBJEK WISATA BAKUL TANI TANJUNG PASIR DI PANGKALAN SUSU KABUPATEN LANGKAT SUMATERA UTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER SKRIPSI_PUTRI SALSABILA_190240095[1].pdf Download (47kB) |
|
Text
ABSTRAK SKRIPSI_PUTRI SALSABILA_190240095[1].pdf Download (16kB) |
|
Text
BAB 1 SKRIPSI_PUTRI SALSABILA_190240095[1].pdf Download (29kB) |
|
Text
DAPUS SKRIPSI_PUTRI SALSABILA_190240095[1].pdf Download (134kB) |
|
Text
SKRIPSI_PUTRI SALSABILA_190240095[1].pdf Restricted to Registered users only Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial, khususnya Facebook, dalam mempromosikan objek wisata Bakul Tani Tanjung Pasir yang terletak di Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dengan melibatkan kelompok swadaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif tipe deskriptif, yang bertujuan untuk menggali bagaimana kelompok swadaya memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan objek wisata ini kepada publik. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, serta dokumentasi terkait aktivitas promosi yang dilakukan oleh kelompok swadaya di media sosial Facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Facebook digunakan secara maksimal oleh kelompok swadaya sebagai sarana promosi wisata yang efektif. Melalui fitur-fitur seperti unggahan foto, video, dan status, kelompok swadaya dapat memperkenalkan berbagai macam olahan makanan dan minuman tradisional, serta berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di wisata Bakul Tani Tanjung Pasir. Media sosial ini juga menjadi platform interaksi antara pengelola objek wisata dengan pengunjung, yang memungkinkan pertanyaan dan interkasi langsung dari pengunjung. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan seperti minimnya kesadaran masyarakat lokal, keterbatasan akses, dan kurangnya strategi pemasaran yang efektif masih dihadapi. Hal ini menghambat optimalisasi potensi media sosial sebagai alat promosi yang lebih luas. Penelitian ini menyarankan perlunya evaluasi dan pengembangan strategi promosi yang lebih sistematis, termasuk pemanfaatan fitur-fitur Facebook seperti halaman bisnis, postingan foto dan video bagi kelompok swadaya untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mempromosikan objek wisata secara lebih efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Salsabila Putri |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 06:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 06:29 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8822 |
Actions (login required)
View Item |