ALKHAIRI, ABDUL AZIS (2024) MAKNA KEBERSAMAAN DALAM IKLAN TEH BOTOL SOSRO VERSI "SEBOTOL KEBAIKAN" (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
Text
COVER.pdf Download (282kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (284kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
|
Text
SKRIPSI AZIS ORIGINAL.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Makna Kebersamaan dalam Iklan Teh Botol Sosro Versi “Sebotol Kebaikan” dengan menggunakan Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure sebagai tujuan untuk menemukan maksud dari makna kebersamaan yang terkandung dalam iklan Teh Botol Sosro Versi “Sebotol Kebaikan” melalui Analisis Semiotika dari Ferdinand de Saussure dengan konsepnya yaitu penanda (Signifier) dan petanda (Signified). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif yang berfokus pada analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Melalui pendekatan ini, peneliti akan memanfaatkannya dengan mendeskripsikan dan memahami makna kebersamaan yang dihasilkan oleh iklan Teh Botol Sosro Versi “Sebotol Kebaikan”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti berhasil menemukan makna kebersamaan dalam iklan Teh Botol Sosro Versi “Sebotol Kebaikan” dengan melalui penanda dan petanda yang efektif. Dari analisis ke-7 scene yang didapat, hubungan antara penanda dan petanda secara berkelanjutan menekankan bahwa kebersamaan adalah inti untuk menjalin interaksi sosial dengan orang baru, dan Teh Botol Sosro berfungsi sebagai simbol yang memperkuat hubungan tersebut. Kesederhanaan konsep dalam iklan ini juga memudahkan pemahaman pesan, sehingga memperkuat daya tarik dan relevansi produk di mata konsumen. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mendalam tentang penggunaan semiotika dalam iklan dapat membantu pengiklan merancang pesan yang lebih efektif dan emosional, sehingga dapat menjangkau audiens dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Abdul Azis Alkhairi |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:10 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:10 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8446 |
Actions (login required)
View Item |