Faradisa, Azzahra (2024) FENOMENA FEAR OF MISSING OUT DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH PENGGUNA TIKTOK TERHADAP GAYA HIDUP (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2020). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER_ZAHRA[1].pdf Download (54kB) |
|
Text
ABSTRAK_ZAHRA[1].pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB 1_ZAHRA[1].pdf Download (234kB) |
|
Text
DAPUS_ZAHRA[1].pdf Download (309kB) |
|
Text
FULL TEXT ZAHRA.,pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kecanduan media sosial merupakan suatu gangguan perilaku dalam penggunaan media sosial yang berlebihan dan mengarah pada kecederungan untuk selalu ingin terhubung. FOMO dipengaruhi oleh representasi yang disajikan oleh media sosial tentang gaya hidup yang dianggap ideal oleh individu yang dapat memicu perasaan kurangnya kepuasan dan merasa ketinggalan jika tidak memenuhi standar tersebut. Skripsi ini berjudul “Fenomena Fear of Missing Out Di Kalangan Mahasiswa Pengguna Tiktok Terhadap Gaya Hidup (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2020 Universitas Malikussaleh- Lhokseumawe). Penelitian ini mengkaji tentang perilaku FOMO pada mahasiswa terhadap ketergantungan media sosial Tiktok dalam kepuasan memenuhi gaya hidup. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teori ketergantungan (dependency theory) milik Sandra Ball & Melvin DeFleur. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah perilaku FOMO yang dialami oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi 2020 terhadap kecanduan media sosial mayoritasnya ialah perempuan, mereka selalu intens untuk mengakses Tiktok agar tetap terhubung dengan informasi dan trend terbaru, terutama pada hal yang mereka minati. FOMO dapat dilihat dari rasa takut tertinggal, khawatir, cemas, dan ketidakpuasan dalam diri. FOMO terjadi akibat beberapa faktor seperti : (1) keterbukaan informasi, (2) penggunaan media sosial berlebihan, (3) perbandingan sosial. Ketergantungan terhadap media sosial semakin meningkat seiring dengan kepuasan yang diperoleh dari validasi sosial yang didapatkan melalui interaksi di media sosial. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin kuat FOMO yang dirasakan oleh individu, semakin tinggi pula tingkat ketergantungan mereka terhadap Tiktok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Azzahra Faradisa Lubis |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 01:41 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 01:41 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7859 |
Actions (login required)
View Item |