PUTRI, SARY PERTIWI (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA KOTA PARIAMAN DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA PANTAI PARIAMAN DI SUMATERA BARAT. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER SARY.pdf

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRAK SARY.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (176kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pariaman merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki potensi kepariwisataan yang sangat besar. Dengan wilayah yang cukup luas, tidak dipungkiri Kota Pariaman memiliki kekayaan wisata alam yang beragam. Salah satu wisata yang cukup terkenal di Kota Pariaman adalah Pantai Pariaman. Pantai Pariaman sendiri memiliki objek wisata yang beragam sehingga perlu dipromosikan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman dalam mempromosikan wisata Pantai Pariaman di Sumatera Barat serta Keberhasilan Dinas Pariwisata Kota Pariaman dalam mempromosikan wisata Pantai Pariaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik pengumpulan data dan analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan promosi wisata Pantai Pariamaan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman meliputi menggunakan media online, menjadikan Duta Wiata sebagai promotor utama, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Kota Pariaman, serta mengadakan sejumlah event. Keberhasilan Dinas Pariwisata Kota Pariaman dalam mempromosikan wisata Pantai Pariaman meliputi naiknya jumlah pengunjung di tahun 2023, meningkatnya PAD pada tahun 2023, menjadi Terbaik III Tingkat Nasional dalam ajang Bangga Berwisata di Indonesia pada penghujung 2023 serta akses dan fasilitas yang memadai. Kata kunci : strategi komunikasi pariwisata, Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Pantai Pariaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sary Pertiwi Putri
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:37
Last Modified: 06 Sep 2024 02:37
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by