Dari, ulan (2025) PENGARUH MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. S1 thesis, universitas malikussaleh.
|
Text
caver.pdf Download (188kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (301kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
|
Text
skripsi ulan dari .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK ULAN DARI: Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Sistem Periode Unsur. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada materi Sistem Periodik Unsur di SMA Negeri 1 Dewantara tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non equivalen control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pretest-posttest untuk mengukur berpikir kritis dan non tes yaitu data posttest lembar observasi keterampilan komunikasi siswa. Data dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik (Mann-Whitney). Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis posttest berpikir kritis menggunakan Independent Samples Test didapatkan nilai sig (2-tiled) = 0.010 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Case Based Learning (CBL). Dan hasil uji hipotesis kemampuan komunikasi menggunakan Mann-Whitney didapatkan nilai sig (2-tiled) = 0.026< 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Case Based Learning (CBL) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem periode unsur. Kata Kunci: Case Based Learning, Berpikir kritis, Keterampilan Komunikasi, Sistem Periodik Unsur
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | ulan dari |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 04:35 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 04:35 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




