Dari, ulan (2025) PENGARUH MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
caver.pdf

Download (188kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
skripsi ulan dari .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ULAN DARI: Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Sistem Periode Unsur. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada materi Sistem Periodik Unsur di SMA Negeri 1 Dewantara tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain non equivalen control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas kontrol berjumlah 35 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pretest-posttest untuk mengukur berpikir kritis dan non tes yaitu data posttest lembar observasi keterampilan komunikasi siswa. Data dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik (Mann-Whitney). Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis posttest berpikir kritis menggunakan Independent Samples Test didapatkan nilai sig (2-tiled) = 0.010 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Case Based Learning (CBL). Dan hasil uji hipotesis kemampuan komunikasi menggunakan Mann-Whitney didapatkan nilai sig (2-tiled) = 0.026< 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan bahwa model pembelajaran Case Based Learning (CBL) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem periode unsur. Kata Kunci: Case Based Learning, Berpikir kritis, Keterampilan Komunikasi, Sistem Periodik Unsur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: ulan dari
Date Deposited: 04 Nov 2025 04:35
Last Modified: 04 Nov 2025 04:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by