SURIDA, DEVI (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PUJASERA (PUSAT JAJANAN SERBA ADA) PIM DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER DEVI.pdf Download (69kB) |
|
|
Text
ABSTRAK DEVI.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
BAB 1 DEVI.pdf Download (70kB) |
|
|
Text
DAPUS DEVI.pdf Download (138kB) |
|
|
Text
SKRIPSI DEVI .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan restoran Pujasera PIM dimana terdapat banyak pedagang berjualan kuliner sehingga sangat diharapkan restoran tersebut maju. Namun kenyataan yang terjadi di restoran tersebut masih sepi pembeli, bahkan pedagang mengeluh karena produk kulinernya sepi peminat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan memahami strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Pujasera PIM dalam menarik minat konsumen. Teori yang digunakan penelitian ini yaitu teori Integrated Marketing Communication (IMC). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Pujasera PIM dalam menarik minat konsumen diantaranya menentukan brand yang dijual pada produk kuliner yaitu makanan dan minuman, mempromosikan produk kuliner pada media sosial instagram dan tiktok milik restoran Pujasera PIM, melakukan pemasaran langsung produk kuliner kepada konsumen di restoran Pujasera PIM, dan melakukan pemasaran kemitraan dengan bekerjasama pedagang gerai dalam memasarkan produk kuliner, juga membantu endorsement dalam mempromosikan restoran dan produk kuliner. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Pujasera PIM sudah mampu menarik konsumen. Hal ini dikarenakan produknya sudah lebih dikenal konsumen melalui promosi produk, menyiapkan brand menarik, hingga melakukan pemasaran kemitraan dengan menjalin kerjasama berbagai pihak untuk menarik konsumen. Saran untuk penelitian ini yaitu pihak Pujasera PIM dapat memperkaya strategi komunikasi pemasaran lainnya seperti membangun hubungan masyarakat (public relations), kegiatan event, hingga pemasaran digital (online). Hal ini dikarenakan strategi ini lebih afektif dalam membentuk citra positif restoran dan juga dapat menarik konsumen.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Devi Surida |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:11 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 04:11 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/16355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




