AICHA, CINDY (2024) ANALISIS MODEL AISAS PADA AKUN TIKTOK @diggyours_ DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cindy Aicha_190240087_COVER.pdf Download (244kB) |
|
Text
Cindy Aicha_190240087_ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text
Cindy Aicha_190240087_BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
Cindy Aicha_190240087_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text
Cindy Aicha_190240087_ANALISIS MODEL AISAS PADA AKUN TIKTOK @diggyours_ DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Adapun penelitian ini membahas tentang pemanfaatan kemunculan tren thrifting yang menjadi fokus kiblat fashion belakangan berguna bagi sebagian kalangan konsumen karena harga yang ditawarkan terpaut murah dengan kualitas produk bagus namun bagi sebagian lain menjadi berharga karena harga yang dikeluarkan terpaut sebanding dengan nuansa pakaian vintage dan menguntungkan penjual. Hal ini, tentu didominasi oleh antusias millenial semenjak kemunculan informasi trend pada platform seperti TikTok, Instagram, akses via podcast YouTube, dan platform lain yang terkait. Akan hal tersebut, fenomena ini sejalan dengan penelitian peneliti dengan objek usaha akun TikTok @diggyours_. Dengan judul “Analisis Model AISAS dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan”. Terkait dengan objek judul penelitian ini, perubahan username akun TikTok menjadi @diggyours_ merupakan bentuk upaya owner dalam mendistraksi kebijakan takedown thrift shop pada TikTok oleh pemerintah. Akan hal tersebut, tujuan penelitian ini, yakni untuk menganalisis penerapan model AISAS pada usaha Thrift shop akun Tiktok @diggyours_ dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan kombinasi model AISAS dengan bauran pemasaran yang dilakukan pada usaha Thrift shop akun Tiktok @diggyours_ dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Analisis penelelitian ini menggunakan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dengan kombinasi 4P Bauran Pemasaran, yakni Product, Price, Place dan Promotion. Penelitian ini menggunakan metode peneitian kualitatif dengan tipe desriptif analisis. Diikuti dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha @diggyours_ telah berhasil menerapkan kombinasi model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dengan 4P bauraun pemasaran. Keberhasilan kinerja tersebut tentunya karena upaya owner @diggyours_ diiringi dengan komunikasi efektif dan efisien. Tentu hal ini tidak terlepas dari loyalitas pelanggan yang masih memilki daya antusias akan keberlangsungan proses jual beli yang biasa diadakan pada fitur Live TikTok oleh owner serta evaluasi dalam menerapkan kedua kombinasi model dan bauran pemasaran tersebut yang tergolong berkategori baik. Kata Kunci: AISAS, Bauran Pemasaran, Thrifting, TikTok.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Cindy Aicha |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 05:54 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 05:54 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1565 |
Actions (login required)
View Item |