RAHAYU, SRI (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN PREZI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (281kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (384kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUASTAKA.pdf Download (253kB) |
|
|
Text
SKRIPSI SRI RAHAYU FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis sangat penting ketika siswa ingin mengungkapkan ide atau konsep untuk memecahkan masalah matematika. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa belum sesuai dengan harapan. Proses pembelajaran yang masih kurang memanfaatkan model pembelajaran juga menjadi penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang kontekstual sebagai solusi. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model contextual teaching and learning berbantuan Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental design dan menggunakan desain penelitian nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Dewantara pada tahun ajaran semester genap. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes. Insterumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Sampel pada penelitian ini dua kelas yang dipilih, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas yaitu uji Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, uji hipotesis yaitu Independent Sample t-test dan uji non-parametrik yaitu uji Mann Whitney . Berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest kemampuan berpikir kritis matematis siswa, didapat nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis data, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model contextual teaching and learning berbantuan Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Sri Rahayu |
| Date Deposited: | 22 Aug 2025 08:58 |
| Last Modified: | 22 Aug 2025 08:58 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/14245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




