Saida, Putri (2025) GAYA KOMUNIKASI PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (Studi di Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Putri Saida_210240009_cover.pdf Download (81kB) |
|
|
Text
Putri Saida_210240009_ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
Putri Saida_210240009_BAB I.pdf Download (218kB) |
|
|
Text
Putri Saida_210240009_Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) |
|
|
Text
Putri Saida_210240009_Skripsi Full.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Gaya komunikasi pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau. Komunikasi pimpinan yang baik diyakini menjadi faktor penting dalam membangun hubungan kerja yang efektif dan mendukung tercapainya tujuan organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap empat informan kunci, yaitu Kepala Dinas, Sekretaris, Kasubag Umum, dan satu orang pegawai. Analisis data dilakukan secara tematik berdasarkan kategori gaya komunikasi organisasi dan teori kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pimpinan menerapkan kombinasi gaya komunikasi yang bersifat fleksibel dan adaptif, yakni: controlling style, equalitarian style, structuring style, dan dynamic style. Gaya controlling diterapkan untuk memastikan pelaksanaan tugas berjalan sesuai aturan dan target. Equalitarian style terlihat dari keterbukaan pimpinan terhadap gagasan dan kritik dari bawahan dalam suasana santai namun profesional. Structuring style digunakan dalam menyusun jadwal kerja, sistem pelaporan, dan pembagian tugas secara sistematis. Sedangkan dynamic style tercermin dari keterlibatan langsung pimpinan dalam menyelesaikan masalah teknis dan memberi motivasi kerja. Adapun gaya relinquishing dan withdrawal tidak ditemukan dalam kepemimpinan di dinas ini karena dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik birokrasi. Keberhasilan pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai dipengaruhi oleh kemampuan memilih dan menerapkan gaya komunikasi yang tepat sesuai konteks organisasi dan kebutuhan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin menggunakan kombinasi beberapa gaya komunikasi yakni controlling, equalitarian, strukturing dan dynamic.dan juga mencerminkan prinsip-prinsip dalam teori kepemimpinan. Namun ada 2 jenis gaya yaitu: relinqushing, withdrawal yang tidsk digunakan dikarenakan tidak relevan.diharapkan pihak pimpinan DISPUPRPKPP harus lebih giat lagi dalam meningkatkan kinerja pegawai hinggan mencapai 100%. Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Kepemimpinan, Kinerja Pegawai Terstruktur
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | putri ps saida |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 02:35 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 02:35 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




