NUR, FAUZIAH (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIRO PERJALANAN WISATA KTRAVELERS DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN BAIK DENGAN PENGGUNA JASA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
FULL-TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Ktravelers dalam membangun hubungan baik dengan pengguna jasa. Ktravelers merupakan perusahaan tour and travel yang bergerak sejak 2012 dan kini berada di bawah naungan PT. Nuransa Bersaudara Wisata, yang berdiri secara resmi pada januari 2023 dan menawarkan dua jenis layanan utama yaitu private trip dan online guide. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara kepada 5 informan diantaranya 1 pemilik atau penyedia jasa dan 4 pengguna jasa Ktravelers. Wawancara dilakukan secara online melalui Whatsapp dan Google Meet dengan tambahan observasi pada media sosial Instagram Ktravelers. Menggunakan model Customer Relatioship Management (CRM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Ktravelers mencakup empat aspek utama: (1) Strategi/ rencana yang mengutamakan interaksi online dalam perencanaan perjalanan wisata; (2) Tantangan yang dihadapi berupa perbandingan dengan kompetitor dan calon pengguna jasa yang tiba-tiba menghilang; (3) Penyebaran Informasi melalui word of mouth dan media sosial. (4) Target pasar yang spesifik yakni individu dan kelompok yang menginginkan perjalanan private dan ekslusif. Dalam konteks CRM, penelitian menemukan bahwa Ktravelers berhasil menerapkan tiga indikator utama: (1) Manuia (People) melalui antusiasme, kemampuan, dan keramahan yang konsisten; (2) Proses (Process) dengan penanganan keluhan yang responsif; dan (3) Teknologi (Technology) melalui pemanfaatan media sosial dan platform komunikasi digital seperti Whatsapp, Telegram dan Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fauziah Nur
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:09
Last Modified: 08 Aug 2025 03:09
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13536

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by