Fahminuddin, Muhammad (2025) PENGARUH ANTARA METODE PEMBAYARAN CASH ON DELIVERY (COD) DAN TRANSFER BANK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI PEMBELIAN ONLINE: STUDI KASUS MAHASISWA FEB UNIVERSITAS MALIKUSSALEH. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Muhammad Fahminuddin_210410309_Cover.pdf Download (38kB) |
|
|
Text
Muhammad Fahminuddin_210410309_Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
|
Text
Muhammad Fahminuddin_210410309_Bab 1.pdf Download (84kB) |
|
|
Text
Muhammad Fahminuddin_210410309_ Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) |
|
|
Text
Muhammad Fahminuddin_210410309_PENGARUH ANTARA METODE PEMBAYARAN CASH ON.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembayaran cash on delivery (COD) dan transfer bank terhadap kepuasan konsumen dalam transaksi pembelian online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa yang pernah melakukan pembelian online. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.809 mahasiswa, dan menggunakan rumus Slovin dengan batas kesalahan 10% diperoleh 97 responden, yang kemudian disesuaikan menjadi 100 responden untuk mempermudah analisis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan kriteria mahasiswa aktif dan telah memiliki pengalaman belanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik metode pembayaran COD maupun transfer bank memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji parsial menunjukkan nilai thitung COD sebesar 9,033 dan transfer bank sebesar 9,063, yang keduanya lebih besar dari ttabel sebesar 1,660 dengan tingkat signifikansi 0,000, sehingga H1 dan H2 diterima. Uji simultan juga menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai Fhitung sebesar 713,640 dan signifikansi 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pembayaran yang dipilih konsumen berperan penting dalam menentukan kepuasan mereka, di mana COD lebih memberikan rasa aman, sedangkan transfer bank dinilai lebih cepat dan efisien, terutama oleh mahasiswa yang sudah terbiasa menggunakan layanan keuangan digital.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen |
| Depositing User: | Muhammad Fahminuddin |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:37 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 06:37 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




