KURNIAWAN, GILANG (2025) REPRESENTASI PESAN MORAL PADA FILM “BUDI PEKERTI” KARYA WREGAS BHANUTEJA TAHUN 2023 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER GILANG.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK GILANG.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB 1 GILANG.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
DAPUS GILANG.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
Skripsi GILANG KURNIAWAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pesan moral dalam film Budi Pekerti karya Wregas Bhanuteja menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Film ini mengangkat isu sosial tentang cyberbullying yang berpengaruh pada kehidupan pribadi dan profesional tokoh utamanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis semiotika yang mencakup tiga tingkatan makna: denotasi, konotasi, dan mitos. Data diperoleh melalui observasi terhadap adegan-adegan film yang mengandung pesan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Budi Pekerti merepresentasikan berbagai nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, kepedulian sosial, kreativitas, sikap kritis, dan kekeluargaan. Film ini tidak hanya menyampaikan pesan secara eksplisit melalui dialog dan alur cerita, tetapi juga secara implisit melalui simbol visual dan sinematografi yang membentuk konstruksi makna. Temuan ini memperlihatkan bahwa film sebagai media massa memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan moral kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Kurniawan Gilang |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 04:38 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 04:38 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |