Maulia, Diva (2025) INOVASI PELAYANAN PUBLIK BUKTI LULUS UJI ELEKTRONIK (BLU-e) PADA UJI KENDARAAN BERMOTOR DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA TEBING TINGGI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik adalah bentuk pelayanan baru yang terjadi perubahan, atau penyesuaian yang memberikan manfaat, baik secara langsung maupun tidak langsung, kepada masyarakat khususnya pada bidang transportasi yaitu inovasi Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e). Di Dinas Perhubungan Kota Tebing Tinggi, inovasi tersebut belum berjalan efektif. Kurangnya ketersediaan dan keterbukaan informasi menyebabkan rendahnya pemahaman dan partisipasi masyarakat. Sosialisasi yang belum optimal membuat banyak pengguna belum memahami fungsi dan manfaat BLU-e secara menyeluruh. Fokus penelitian ini adalah inovasi pelayanan publik Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e) pada uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kota Tebing Tinggi yaitu inovasi produk layanan dan inovasi proses layanan. Kedua, apa kendala inovasi BLU-e dilihat dari sistem, mekanisme dan prosedur, produk layanan dan biaya/tarif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab dan kendala inovasi BLU-e. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini, dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi BLU-e belum berjalan maksimal dilihat dari bentuk produk layanan menunjukkan bahwa inovasi BLU-e yaitu berubah dari buku menjadi BLU-e terdiri dari smart card, sertifikat uji dan stiker RFID dengan tujuan untuk meminimalisir kasus pemalsuan dokumen pada pelayanan publik. Sosialisasi yang dilakukan belum maksimal karena sosialisasi hanya melakukan launching yang mengundang beberapa pihak yang terlibat. Kendala pada inovasi BLU-e ini dilihat dari mekanisme yaitu pemesanan smart card yang terjadinya proses keterlambatan pengiriman dan dilihat dari produk layanan kendalanya yaitu belum melakukan sosialisasi khusus tentang fungsi dari BLU-e. Saran dalam penelitian penulis agar Dinas Perhubungan dapat melakukan sosialisasi secara langsung atau melalui media agar masyarakat juga mengetahui dan bisa meningkatkan kesadaran untuk melakukan uji kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Diva Maulia
Date Deposited: 30 Apr 2025 05:06
Last Modified: 30 Apr 2025 05:06
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by