Liza, Hasriatul (2024) PEMANFATAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAKSO MAK CI DI KABUPATEN BIREUEN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan bagaimana pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai media promosi Bakso Mak Ci di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis terkait dengan semakin meningkatnya jumlah pelanggan pada Bakso Mak Ci setelah menggunakan akun @baksomakcibireuen sebagai alat promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Dimana penelitian ini dikaji berdasarkan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang memiliki beberapa aspek yang terdiri dari rasionalitas pengguna, persepsi subjektif, dan persepsi konten, serta konteks sosial. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa dari aspek rasionalitas penggunaan, dimana promosi yang dilakukan oleh Bakso Mak Ci melalui akun @baksomakcibireuen memberikan dampak signifikan dalam menjangkau calon pelanggan yang lebih luas terutama generasi muda yang aktif di platform ini. Kemudian dari aspek persepsi subjektif diperoleh hasil bahwa pihak Bakso Mak Ci menyampaikan pesan promosi menggunakan akun @baksomakcibireuen melalui video pendek yang kreatif, menarik, dan interaktif sehingga mudah diterima oleh calon pelanggan terutama generasi muda. Selanjutnya dari aspek persepsi konten, dimana diperoleh hasil bahwa pihak Bakso Mak Ci membentuk persepsi positif masyarakat melalui visual yang menarik dan autentik, dimana konten video yang menampilkan tampilan produk, testimoni pelanggan, dan interaksi melalui akun @baksomakcibireuen berhasil menciptakan daya tarik emosional dan kredibilitas yang mempengaruhi calon pelanggan lebih kuat dibandingkan promosi tradisional. Serta pada aspek konteks sosial, diperoleh hasil bahwa pihak Bakso Mak Ci memadukan elemen hiburan dan edukasi seperti video proses pembuatan bakso dan tips menikmati hidangan pada akun @baksomakcibireuen, dimana hal tersebut berhasil meningkatkan keterlibatan dan kepercayaan konsumen terhadap Bakso Mak Ci.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Hasriatul Liza |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:53 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:53 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |