Hamidiah, Hamidiah (2024) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Terhadap Kemampuan Kognitif-Psikomotorik Siswa Pada Materi Koloid. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Hamidiah_200720006_Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Hamidiah_200720006_Abstrak.pdf

Download (485kB)
[img] Text
Hamidiah_200720006_Bab I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Hamidiah_200720006_Daftar Pustaka.pdf

Download (245kB)
[img] Text
pdf skripsi hami.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK HAMIDIAH : Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Terhadap Kemampuan Kognitif-Psikomotorik Siswa Pada Materi Koloid. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuri terbimbing berbasis praktikum terhadap kemampuan kognitif-psikomotorik siswa dalam proses pembelajaran siswa kelas XI pada materi koloid di SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode mixed method atau disebut dengan metode campuran. Mixed method adalah sebuah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam suatu rangkaian penelitian untuk memahami permasalahan penelitian. Desain penelitian ini exploratory sequential design yaitu penggunaan dua metode penelitian (kualitatif dan kuantitatif) dengan berurutan, di mana pada tahap penelitian menggunakan metode kualitatif dan tahap kedua mengguanakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas XI IPAS 6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa dan kelas XI IPAS 7 sebagai kelas kontrol berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan lembar observasi yang telah divalidasi. Teknik analisis data yaitu melakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji levene test dan pengujian hipotesis menggunakan uji parametrik t-test independen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji parametrik t-test independen diperoleh nilai sig 0,000 < taraf sig (ini berarti Ha diterima menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis praktikum terhadap kemampuan kognitif siswa. Sedangkan data psikomotorik menggunakan data kualitatif dengan persentase indikator pada tiap skor bahwa dengan model inkuiri terbimbing berbasis praktikum berpengaruh terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada kelas eksperimen. Maka diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi dan mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif dan psikomotorik, materi koloid

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Hamidiah H Hamidiah
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:24
Last Modified: 12 Dec 2024 06:24
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8664

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by