Azzumar, Azzumar (2024) PENGARUH KONTEN POLITIK PADA AKUN INSTAGRAM ANIES BASWEDAN TERHADAP PENENTUAN PEMILIH ANIES BASWEDAN PADA KALANGAN CAPRES GEN Z (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER SKRIPSI_FULL_AZZUMAR[1].pdf

Download (144kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI_FULL_AZZUMAR[1].pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI_FULL_AZZUMAR[1].pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI_FULL_AZZUMAR[1].pdf

Download (241kB)
[img] Text
SKRIPSI_FULL_AZZUMAR[2].pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini mengkaji hubungan antara konten politik di akun Instagram Anies Baswedan dengan opini Presiden Republik Indonesia, Generasi Z. Sebagai generasi yang sangat dekat dengan internet dan media sosial, Gen Z memiliki kebiasaan unik dalam mengonsumsi informasi, khususnya dalam konteks politik. Melalui metode kuantitatif, studi ini mengkaji respons Gen Z terhadap konten politik yang muncul di media sosial Anies Baswedan, termasuk keterlibatan, persepsi, dan dampak emosiona terhadap pilihan politik mereka. Berdasarkan temuan studi, konten politik yang relevan dan interaktif dengan isu sosial Gen Z secara bertahap meningkatkan minat dan keakraban mereka terhadap tokoh-tokoh terkait. Penggunaan platform media sosial, khususnya Instagram, untuk strategi komunikasi politik berpotensi memengaruhi preferensi politik Gen Z di Indonesia secara signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan uji signifikansi (ulji t) didapatkan nilai thitung yaitu sebesar 7,190 > 1,667 dan memiliki nilai signifikansi dari Pengaruh Konten Politik yaitu sebesar 0,001 lebih keci dari tingkat signifikan yang digunakan yaitu 5% (0,001 < 0,05). Jadi, dengan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat Pengaruh Konten Politik Pada Akun Instagram Anies Baswedan Terhadap Penentuan Pemilih Anies Baswedan Pada Kalangan Capres Gen Z mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Malikussaleh. Berdasarkan hasil uji Koefisien Determinasi (R²), diperoleh nilai sebesar 42,8%. Angka ini memberikan pemahaman bahwa pengaruh konten politik akun Instagram Anies Baswedan terhadap penentuan pilihan capres Gen Z berada pada tingkat yang cukup signifikan. Artinya, 42,8% dari variasi dalam penentuan pilihan capres oleh Gen Z dapat dijelaskan oleh variabel konten politik di Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Azzumar Azzumar
Date Deposited: 12 Dec 2024 01:48
Last Modified: 12 Dec 2024 01:48
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8639

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by