NIATE, ULES (2024) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA ARUNG JERAM LUKUP BADAK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (187kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB)
[img] Text
SKRIPSI ULES NIATE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi komunikasi adalah rencana untuk mencapai tujuan komunikasi yang efektif. Promosi bertujuan menyampaikan pesan tentang produk, merek, atau perusahaan kepada konsumen untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk (1), memahami bagaimana strategi komunikasi dalam mempromosikan wisata arung jeram lukup badak, dan (2) mengidentifikasi hambatan dalam proses promosi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan informan dari manajer, marketing, pemandu dan pengunjung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan Sumber data primer dan data sekunder. Analisis data yang dilakukan melalui Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi komunikasi promosi dalam penelitian ini menggunakan Formula Smart, SMART Merupakan Singkatan dari Specific (Spesifik) yaitu Meningkatkan jumlah pengunjung dan infrastruktur. Measurable (Terukur) yaitu meningkatnya jumlah pengunjung setiap tahunnya. Achievable (Dapat dicapai) dengan meningkatnya jumlah pengunjung wisata menambah cabang baru. Relevant (relevan) berdasarkan daya tarik alam. Dan Time-Based (Berbasis Waktu) dengan meningkatnya jumlah pengunjung yang dibuka sejak tahun 2015 sehingga membuka cabang baru yaitu Gayo Adventure yang dibuka tahun 2017 dan Vista Adventure di buka tahun 2021. Strategi komunikasi promosi wisata arung jeram lukup badak memanfaatkan media sosial instagram dan Word Of Mounth ( dari mulut ke Mulut) dan promosi dari pemerintah setempat kurang, ada masalah limbah di alur sungai serta kurangnya lahan parkir yang dapat mengganggu kenyamanan pengunjung. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Promosi, Formula Smart.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ules Niate
Date Deposited: 09 Dec 2024 03:35
Last Modified: 09 Dec 2024 03:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8360

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by