Husnina, Nurul (2024) APLIKASI GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TAHSIN QUR'AN UNTUK ANAK USIA 7-11 TAHUN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS : BALAI PENGAJIAN BABUSSA’ADAH). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER.pdf Download (136kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (168kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
Text
NURUL HUSNINA_200180134 (Skripsi Full).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran tahsin Qur‟an berbasis Augmented Reality (AR) di Balai Pengajian Babussa‟adah, dengan metode penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pertama, Analysis, mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran tahsin bagi anak usia 7-11 tahun yang cenderung kurang interaktif dengan metode tradisional. Pada tahap Design, dikembangkan konsep media AR yang menampilkan model 3D potongan ayat Al-Qur'an beserta suara tajwid. Kemudian, pada tahap Development, aplikasi berbasis Android dibuat dan diuji secara internal. Pada tahap Implementation, aplikasi ini diuji coba kepada santri dan guru di Balai Pengajian untuk melihat respons dan efektivitasnya dalam pembelajaran. Tahap Evaluation dilakukan melalui pengumpulan umpan balik dari para pengguna untuk menyempurnakan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini mencapai tingkat efektivitas 87,33% dalam artian dapat diterima baik oleh santri dan guru sebagai alternatif metode pembelajaran tahsin. Aplikasi AR memungkinkan visualisasi tajwid yang lebih jelas, memudahkan pemahaman hukum tajwid dasar secara interaktif. Penggunaan AR juga membantu mengatasi keterbatasan metode tradisional yang umumnya bergantung pada kitab. Media ini tidak hanya efektif, tetapi juga meningkatkan keterlibatan santri dan mempromosikan pembelajaran mandiri. Integrasi teknologi AR dalam pembelajaran tahsin Qur‟an membuka peluang penerapan lebih luas dalam pendidikan, menjadikannya inovasi penting yang mampu memperkaya proses belajar dan mengajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Nurul Husnina Husnina |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 09:26 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 09:26 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/8167 |
Actions (login required)
View Item |