NUZULI, FAYZA (2024) KEARIFAN LOKAL KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU PADA MURID AUTIS DI SLB CINTA MANDIRI KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (106kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (194kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) |
|
Text
FULL Skripsi .pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kearifan lokal komunikasi interpersonal antara guru dan murid autis di SLB Cinta Mandiri Kota Lhokseumawe. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis terkait dengan banyaknya anak penderita autis pada SLB Cinta Mandiri di Kota Lhokseumawe dibandingkan dengan anak berkebutuhan khusus lainnya, di mana karena hal ini penulis ingin mengetahui bagaimana bentuk penerapan kearifan lokal komunikasi interpersonal antara guru dan murid autis, dari hasil pengamatan yang penulis lakukan, di mana anak penderita autis secara umum kurang merespon dari lingkungan sebagaimana mestinya dan memperlihatkan kurangnya kemampuan komunikasi dan sering merespon lingkungan dengan cara unik. Sehingga dari hasil wawancara yang penulis lakukan, di mana banyaknya para guru yang menyatakan bahwa mereka terkadang kesulitan dalam berkomunikasi dengan anak autis tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, di mana sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data akan dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini dikaji dalam beberapa aspek dalam komunikasi interpersonal yang terdiri dari keterbukaan, empati, perasaan positif, dan kesetaraan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa penerapan kearifan lokal dalam komunikasi interpersonal antara guru dan murid autis di SLB Cinta Mandiri Kota Lhokseumawe mengintegrasikan nilai-nilai lokal dengan pendekatan seperti Applied Behavior Analysis (ABA), mendukung keterbukaan, empati, dan keterlibatan aktif orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar inklusif dan meningkatkan pengalaman budaya murid. Namun, terdapat hambatan seperti kurangnya pemahaman terstruktur yang dimiliki oleh beberapa guru tentang tantangan emosional murid autis dan kesulitan mempertahankan fokus murid autis yang disebabkan oleh kurangnya pelatihan khusus bagi para guru di SLB Cinta Mandiri Kota Lhokseumawe.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Fayza Nuzuli |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 02:59 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 02:59 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7829 |
Actions (login required)
View Item |