Indri, Hafizza Lubis (2023) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch (TRIZ) di RSUD DR.H. KUMPULAN PANE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Indri Hafizza Lubis_190130017_ Cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Indri Hafizza Lubis_190130017_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Indri Hafizza Lubis_190130017_Bab 1.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Indri Hafizza Lubis_190130017_Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Indri Hafizza Lubis_190130017_ Analisis Kepusaan Pasien Rawat Inap Dengan Menggunakan Metode TRIZ di RSUD DR.H. KUMPULAN PANE.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rumah sakit sebagai institusi yang begerak di bidang pelayanan kesehatan mengalami perubahan pada awal perkembangannya dan lembaga yang berfungsi sosisal. Rumah sakit umum Dr.H. Kumpulan Pane merupakan satu-satunya rumah sakit umum dikota Tebing Tinggi yang berdiri sejak 1958. Kepuasan Pelayanan merupakan perasaan yang dihasilkan dari mengevaluasi apa yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya, yang berkaitan dengan keinginan dan kebutuhan dari pasien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan pasien rawat inap pada rumah sakit yang dilakukan dengan menyebarkan 96 kuesioner pada pasien rawat inap dan dilakukan perhitungan dengan metode Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadacth (TRIZ), yang bertujuan untuk mengetahui kesenjangan analisis yang terjadi antara kepuasan atau harapan konsumen dengan kinerja yang telah diberikan oleh pihak rumah sakit. Dengan metode Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadacth (TRIZ) yang bertujuan untuk mengidentifikasi usulan perbaikan yang menjadi prioritas pada pelayanan rumah sakit untuk menjaga kualitas pelayanan pada penggunanya ke dalam diagram kontradiksi. Dari hasil metode TRIZ mendapatkan tingkat kesesuaian pada 10 atribut yaitu, T1, RP1, E1, RB2, RB3, A1, A3, RB1, T4, T3 dan menujukkan 10 atribut pelayanan yang butuh perbaikan yaitu, RP2, RB4, A2, E3, E2, RP3, RP4, A4, E4, dan T2. Serta pada diagram kontradiksi dari 20 atribut pelayanan terdapat 10 atribut yang menjadi prioritas utama dalam usulan perbaikan untuk mempertahankan tingkat kepuasan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Dr. H. Kumpulan Pane. Kata kunci: Diagram Kontradiksi, Kepuasan Pelayanan, Rumah Sakit, Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadacth (TRIZ)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Indri Hafizza Lubis
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:13
Last Modified: 20 Feb 2024 02:13
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by