NST, MONA OCTAVIANY (2024) PENGARUH INSTAGRAM @VISITBUKITLAWANG TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESTINASI WISATA BUKIT LAWANG SUMATERA UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
Text
COVER.pdf Download (91kB) |
|
Text
A ABSTRAK FIX.pdf Download (119kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
Text
SKRIPSI SIDANG MONA OCTAVIANY NST.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Saat ini media sosial menjadi salah satu media yang banyak diminati masyarakat contohnya instagram. Saat ini instagram masih menjadi alat dalam melakukan promosi salah satunya melakukan promosi wisata. Cara ini banyak digunakan untuk mendorong perkembangan pariwisata. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Instagram @visitbukitlawang terhadap kunjungan wisatawan”. Adapun tujuan dari penelitian ini adadlah untuk mengetahui pengaruh akun media sosial instagram @visitbukitlawang terhadap kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan model AISAS, new media, media sosial instagram, pariwisata, dan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun instagram @visitbukitlawang sebanyak 16.900 dengan sampel sebanyak 99 responden yang didapat dari uji rumus slovin dengan Teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menyebarkan kuisioner dan dilanjutkan dengan Teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,uji signifikansi, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (12,571 > 1,660) dan memiliki nilai signifikansi 0,000. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak, berarti akun @visitbukitlawang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kunjungan wisatawan. Kemudian hasil penelitian yang didapat setelah dilakukan uji koefisien adalah korelasi sebesar 0, 787 yang artinya tingkat korelasi tinggi. Sehingga diketahui bahwa terdapat hubungan antara variabel pengaruh akun @visitbukitlawang terhadap kunjungan wisatawan. Lalu, pada perhitungan Koefisien determinasi (R Square) diperoleh hasil sebesar 0,620 yang artinya variabel akun instagram @visitbukitlawang memberi pengaruh sebesar 62% terhadap kunjungan wisatawan. Sedangkan pada 38% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, AISAS, Instagram, @visitbukitlawang, Kunjungan, Wisatawan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mona Octaviany Nst |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:39 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:39 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7656 |
Actions (login required)
View Item |