NASUTION, ALDI ZULTRIANSYAH (2024) PENGARUH LIVE STREAMING SHOPEE TERHADAP TINGKAT PENURUNAN MINAT BELANJA OFFLINE (Survey Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2020 Universitas Malikussaleh). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (262kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (247kB)
[img] Text
SKRIPSI_ALDI ZULTRIANSYAH NASUTION_200240219.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini sudah sangat pesat dan berada di berbagai selktor kehidupan salah satunya pada perkembangan teknologi internet. Dengan adanya internet semua kegiatan manusia dapat menjadi lebih mudah dan efisien. Fitur live streaming merupakan salah satu fitur yang banyak digunakan oleh pengguna shopee pada saat ini khususnya pada pengguna yang memiliki suatu usaha, dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sampai dengan perusahaan besar atau menengah keatas. Belanja melalui live streaming dapat meningkatkan interaksi langsung antara penjual dan pembeli, yang meyakinkan kepada pembeli dengan kualitas produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh live Streaming Shopee terhadap minat belanja offline mahasiswa ilmu komunikasi dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) pada metode kuantitatif. Penentuan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan analisis data menggunakan Software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa live streaming Shopee memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan minat belanja offline, dengan nilai thitung 8,859 dan signifikansi 0,001 (<0,05). Hasil uji Koefisien Determinasi (R²) sebesar 62% mengindikasikan bahwa live streaming Shopee berpengaruh besar terhadap pengurangan minat belanja offline, di mana fitur ini meningkatkan persepsi kemudahan dan manfaat bagi konsumen. Temuan ini menunjukkan bahwa teknologi live streaming pada platform e-commerce mampu mengubah perilaku belanja mahasiswa. Kata Kunci : E-commerce, Live Streaming, Shopee, Minat Belanja Offline, Mahasiswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi
Depositing User: ALDI ZULTRIANSYAH NASUTION
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:36
Last Modified: 19 Nov 2024 01:36
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/7653

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by