MULIA, NANDA (2024) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA KAMPANYE DALAM PEMILU TAHUN 2024 (Studi DPW Partai Aceh di Kabupaten Aceh Timur). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
NANDA MULIA_200220004_Cover.pdf Download (58kB) |
|
Text
NANDA MULIA_200220004_Abstrak.pdf Download (35kB) |
|
Text
NANDA MULIA_200220004_Bab I.pdf Download (130kB) |
|
Text
NANDA MULIA_200220004_Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) |
|
Text
NANDA MULIA_200220004_Pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana kampanye dalam pemilu tahun 2024 (studi DPW Partai Aceh di kabupaten Aceh Timur).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengapa Partai Aceh di Aceh Timur belum maksimal memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media kampanye menjelang pemilu 2024 dan apakah hambatan yang dihadapi oleh Partai Aceh dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media kampanye, padahal di era digital sekarang masyarakat banyak mencari informasi dimedia sosial terkhusus informasi politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dekriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Wakil Sekretaris DPW PA Aceh Timur, pemegang akun Instagram DPW PA Aceh Timur, Ketua Timses DPW PA Aceh Timur dan beberapa masyarakat pengikut akun Instagram DPW PA Aceh Timur. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui mengapa Partai Aceh di Kabupaten Aceh Timur belum memaksimalkan pemanfaatan media sosial Instagram sebagai sarana kampanye dan apakah hambatan yang dihadapai oleh Partai Aceh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Partai Acelh di Acelh Timulr mengetahui bahwa pemanfaatan media sosial Instagram efektif dalam menarik peminat pemilih terkhusus pemilih pemula, tetapi alasan mengapa PA tidak efektif dalam kampanye di media sosial ialah karena Partai Aceh lebih memprioritaskan metode kampanye yang sudah terbukti efektif di tingkat lokal, seperti pertemuan tatap muka dan kegiatan komunitas, yang dapat memberikan dampak lebih langsung dan personal kepada pemilih mereka. (2) Hambatan Partai Aceh di Kabupaten Aceh Timur dalam memanfaatkan Instagram sebagai sarana kampanye ada dari partainya dan juga masyarakatnya. Dari partainya ialah: keterlambatan adaptasi, keterbatasan sumber daya manusia yang kreatif dan masih fokus pada media tradisional. Hambatan dari masyarakat sendiri ialah: keterbatasan pengetahuan digital, keterlibatan yang rendah, kurangnya akses ke teknologi dan pengaruh media sosial lain. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Kampanye, Pemilu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 67201 - Jurusan Ilmu Politik |
Depositing User: | Nanda Mulia |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:38 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:38 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6332 |
Actions (login required)
View Item |