ANZILA, RIA (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SKRIPSI RIA ANZILA-COVER.pdf

Download (126kB)
[img] Text
SKRIPSI RIA ANZILA-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
SKRIPSI RIA ANZILA-BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
SKRIPSI RIA ANZILA-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
SKRIPSI RIA ANZILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang masih berfokus pada guru dan tanpa adanya peran pendukung lainnya yang menumbuhkan semangat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Bersesuaian dengan masalah yang ada, diperlukannya model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Pada penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala, dengan sampel kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah posttest kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menganalisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient menggunakan uji t dan uji Mann-Whitney dengan berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai asymp sig (2-tailed) hasil pengujian data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala. Sedangkan analisis data adversity quotient siswa diperoleh asymp sig (2-tailed) sebesar 0,026. Berdasarkan kriteria uji hipotesis H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap adversity quotient siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: RIA ANZILA
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:40
Last Modified: 24 Sep 2024 06:40
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/6315

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by