PURBA, NURUL FARADA (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA KUALITAS APLIKASI PLN MOBILE DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 STUDI KASUS: PT PLN (PERSERO) KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
SKRIPSI_NURUL FARADA PURBA_200180009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, terutama dalam kualitas aplikasi mobile, telah meningkatkan efektivitas dan daya tarik pelayanan online, yang pada gilirannya membantu perusahaan mencapai kepuasan pelanggan yang optimal. Dalam konteks ini, PT PLN (Persero) telah mengembangkan layanan berbasis teknologi bernama PLN Mobile, yang bertujuan untuk mewujudkan digitalisasi layanan ketenagalistrikan konsumen dan memenuhi kebutuhan mereka dengan mudah, cepat, akurat, dan transparan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna terhadap kualitas aplikasi PLN Mobile di Kota Lhokseumawe dengan menggunakan metode Webqual 4.0, yang menilai aspek Usability, Information Quality, dan Service Interaction. Kepuasan pengguna adalah indikator utama seberapa baik sebuah perusahaan mampu memenuhi harapan konsumennya. Tingginya tingkat kepuasan pengguna menunjukkan bahwa produk atau layanan telah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara optimal. Berdasarkan hasil dari implementasi dan pengujian Webqual 4.0, dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan terhadap aplikasi PLN Mobile sangat tinggi dengan nilai rata-rata 3,91. Variabel dengan skor tertinggi adalah Information Quality dengan nilai 4,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan bagi PT PLN (Persero) dalam meningkatkan kualitas pelayanan melalui aplikasi PLN Mobile. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan bahwa layanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengguna. Kata Kunci: Webqual 4.0, Kepuasan Pengguna, Aplikasi PLN Mobile

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Nurul Farada Purba
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:51
Last Modified: 11 Sep 2024 04:51
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5972

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by