Fitriani, Fitriani (2024) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN SISWA KELAS X MENULIS TEKS BIOGRAFI SECARA FAKTUAL DAN KREATIF SMA NEGERI 2 DEWANTARA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Fitriani_200740020_COVER.pdf Download (14kB) |
|
Text
Fitriani_200740020_ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
FITRIANI_200740020_BAB 1.pdf Download (145kB) |
|
Text
FITRIANI_200740020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
Text
FITRIANI_200740020_PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN SISWA KELAS X MENULIS TEKS BIOGRAFI SECARA FAKTUAL DAN KREATIF.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK FITRIANI: Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi secara faktual dan kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dewantara. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaeh 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan menulis teks biografi secara faktual dan kreatif pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Dewantara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Dewantara, dengan sampel yang dipilih dari dua kelas yang tersedia, berjumlah 41 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas XA-2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model TGT dan kelas XA-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional, dengan total 41 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes keterampilan menulis teks biografi secara faktual dan kreatif, yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 29,95 dan posttest 79,05, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 31,05 dan posttest 58,29. Analisis nilai posttest yang diuji menggunakan uji Mann-Whitney dengan bantuan software IBM SPSS 25 menunjukkan nilai asymptotic significance 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan menulis teks biografi secara faktual dan kreatif pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Dewantara. Kata Kunci: Model, Teams Games Tournament (TGT), Keterampilan, Menulis, Teks Biografi, Faktual Kreatif ABSTRACT FITRIANI: The Influence of the Teams Games Tournament (TGT) Model on the Factual and Creative Writing Skills of Biographical Texts for Tenth Grade Students at SMA Negeri 2 Dewantara. Indonesian Language Education Study Program, FKIP Universitas Malikussaeh 2024. This research aims to determine the influence of the Teams Games tournament (TGT) model on the skills of class X students in writing factual and creative biographical texts at SMA Negeri 2 Dewantara. This research is a quasi-experimental research with a quantitative approach. The design used is a nonequivalent control group design. The population in this study were all class This sampling was carried out using a saturated sampling technique. The sample in this study was class XA-2 as an experimental class using the TGT model and class XA-1 as a control class using a conventional model, while the total sample was 41 students. The data collection instrument in this research was a test of students' factual and creative biographical text writing skills, namely pretest and posttest. This shows that the average initial test score for the experimental class is 29.95 and the final test is 79.05, while the control class initial test score is 31.05 and the final test is 58.29. From the results of the posttest value analysis which tested the hypothesis using the Mann-Whitney test with the help of IBSM SPSS 25 software, the 2-tailed posttest asymptotic significance value was 0.0000.05, which means that H0 was rejected and Ha was accepted. Based on the test results, it can be concluded that there is an influence of the Teams Games Tournament (TGT) model on the skills of class X students in writing factual and creative biographical texts at SMA Negeri 2 Dewantara. Keywords: Model, Teams Games Tournament (TGT), Skills, Writing, Biographical Text, Factual Creative
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Fitriani Fitriani |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:23 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5955 |
Actions (login required)
View Item |