Raisah, Raisah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI MAS ULUMUDDIN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
sampul.pdf

Download (218kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
Full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK RAISAH: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self-efficacy Siswa Di MAS Ulumuddin. Program Studi Matematika FKIP Universitas Malikussaleh 2024 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apakah ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa X MAS Ulumuddin, dan 2) apakah ada pengaruh self-efficacy siswa setelah mengikuti pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi Exsperiment design dengan menggunakan posttest-only design with nonequivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAS Ulumuddin dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.C sebanyak 22 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X.E sebanyak 23 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non-tes, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji t. Hasil pengujian hipotesis pertama menggunakan uji t dengan teknik indenpendent sampel t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kontrol pada taraf signifikan α = 0.05, dengan nilai sig 0.000 < 0.05 , maka H_0 ditolak H_a diterima berarti ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Hipotesis kedua menggunakan uji non-parametrik dengan teknik mann-whitney ditunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan α = 0.05 dengan nilai sig 0.000 < 0.05 maka H_0 ditolak H_a diterima berarti ada pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Raisah Raisah Raisah
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:34
Last Modified: 09 Sep 2024 02:34
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5895

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by