TINAMBUNAN, JANNAH SAFITRI (2024) PENERAPAN METODE MOOSRA DAN PEMBOBOTAN RANK ORDER CENTROID (ROC) DALAM PEMILIHAN MARKETPLACE TERBAIK. S1 thesis, Universitas Malilkussaleh.
Text
Cover.pdf Download (29kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (31kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (99kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Marketplace merupakan merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan transaksi atau perdagangan yang dilakukan menggunakan perangkat elekteronik dan jaringan internet atau lebih dikenal sebagai perdagangan online atau jual beli online. Hal negative lain yang timbul dari adanya Marketplace Ketika konsumen membeli suatu produk tetapi pada saat sampai ditangan konsumen produk tersebut tidak sesuai dengan keterangan yang tertera pada produk. Banyak nya Marketplace yang tersedia menjadikan konsumen dihadapkan pada kesulitan dalam memilih Marketplace yang terbaik untuk berbelanja. Bervariasinya penilaian atau Rating yang sudah cukup baik juga menjadi tingkat kesulitan bagi para konsumen memilih Marketplace yang terbaik. Untuk itu diperlukan sebuah system pendukung keputusan untuk membantu proses pemilihan Marketplace terbaik dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menentukan Marketplace terbaik menggunakan metode MOOSRA dan ROC dan mengetahui apa saja kriteria yang digunakan dalam pemilihan Marketplace. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pada penelitian ini dilakukan pemilihan Marketplace terbaik dengan menerapkan metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Simple Ratio Analysis (MOOSRA). Proses pemilihan pada penelitian ini menggunakan empat alternatif e-commerce yaitu shoope, Lazada, bukalapak, dan Tokopedia, serta empat kriteria yaitu, kemudahan penggunaan, pengiriman, kualitas pelayanan, dan harga. Dalam penelitian ini metode Rank Order Centroid (ROC) juga digunakan untuk menentukan bobot kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shoope menjadi pilihan alternatif Marketplace terbaik dengan perolehan skor kinerja tertinggi yaitu17,13648, kemudian di susul oleh Tokopedia sebesar 15,30619, kemudian Lazada yaitu 15,06473, kemudian blibli sebesar 14,957 dan yang terakhir yaitu bukalapak sebesar 14,83551. Kata Kunci: E-coomerce, Marketplace, system pendukung keputusan, MOOSRA, ROC
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri |
Depositing User: | JANNAH SAFITRI TINAMBUNAN |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:22 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:22 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5796 |
Actions (login required)
View Item |