Fahera, Reihanissa (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DALAM MENYELESAIKAN SOAL LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMAN 1 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
SKRIPSI REIHANISSA FAHERA (190720010) 2-COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
SKRIPSI REIHANISSA FAHERA (190720010) 2-ABSTRAK.pdf Download (16kB) |
|
Text
SKRIPSI REIHANISSA FAHERA (190720010) 2-BAB 1.pdf Download (150kB) |
|
Text
SKRIPSI REIHANISSA FAHERA (190720010) 2-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text
SKRIPSI REIHANISSA FAHERA (190720010) 2.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal laju reaksi kelas XI IPA di SMAN 1 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Tknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang mana sampel dalam penelitian diambil 2 (dua) kelas dari 8 kelas IPA SMAN 1 Lhokseumawe yaitu Kelas XI MIA4 dan Kelas XI MIA7 dengan jumlah sampel sebanyak 71 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis tes pilihan ganda berupa tes diagnotik three tier multiple choice sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal laju reaksi kelas XI IPA SMAN 1 Lhokseumawe yaitu siswa yang paham konsep sebesar 47%, siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 12%, dan tidak paham konsep sebesar 41%. Lebih lanjut pada indikator untuk C1 (mengingat) yaitu siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lhokseumawe yang paham konsep pada materi laju reaksi sebesar 51,76%, miskonsepsi sebesar 17,61%, dan siswa yang tidak paham konsep sebesar 30,63%. Indikator C2 (memahami) yang mana siswa yang paham konsep pada materi laju reaksi sebesar 45,1%, miskonsepsi 13,4%, dan siswa yang tidak paham konsep sebesar 41,5%. C3 (Mengaplikasikan) yakni siswa yang paham konsep pada materi laju reaksi sebesar 46,48%, miskonsepsi 10,92%, dan siswa yang tidak paham konsep sebesar 42,61%. C4 (Menganalisis) yaitu siswa yang paham konsep 44,13%, miskonsepsi 11,27%, dan siswa yang tidak paham konsep 44,6%. C5 (Mengevaluasi) yaitu siswa yang paham konsep pada materi laju reaksi sebesar 44,37%, miskonsepsi 8,45%, dan siswa yang tidak paham konsep sebesar 47,18%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Reihanissa Fahera |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:14 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:14 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5781 |
Actions (login required)
View Item |