Yanti, Ida (2024) BELANJA ONLINE DI E-COMMERCE SHOPEE SEBAGAI GAYA HIDUP PEREMPUAN SHOPAHOLIC (Studi pada Mahasiswa Farmasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Angkatan 2021). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER.pdf Download (158kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
Text
IDA YANTI_200240058_SKRIPSI (1).pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam era digital yang semakin berkembang, belanja online melalui platform e-commerce seperti shopee telah menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang, terutama perempuan shopaholic. Shopaholic sering kali diartikan sebagai seseorang yang sulit menahan keinginan mereka untuk berbelanja. Akibat perkembangan teknologi dengan adanya e-commerce shopee sebagai tempat berbelanja online yang begitu gencar dan sporadis tersebut maka konsekuensinya, terjadilah pergeseran gaya hidup di kalangan perempuan menjadi konsumtif. Selain memenuhi kebutuhan hidup, mereka juga berusaha untuk memenuhi setiap keinginan hidupnya serta sebagai bentuk ekspresi identitas dan gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana belanja online di e-commerce shopee sebagai gaya hidup perempuan shopaholic. Teori yang digunakan adalah teori ekologi media, yang mana media dinyatakan sebagai episentrum yang menjadi pusat perubahan peradaban. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan belanja online telah menjadi bagian integral dari gaya hidup perempuan shopaholic, dilihat dari pola perilaku yang mencakup penggunaan intensif aplikasi Shopee, kecenderungan untuk berbelanja secara reguler, serta preferensi terhadap jenis produk tertentu. Belanja online di e-commerce shopee memberikan alternatif bagi gaya hidup perempuan shopaholic yang konsumtif didasarkan dengan adanya motivasi berbelanja online dengan melihat aspek kemudahan dan kenyaman pemilihan produk dan transaksi, pilihan produk yang beragam, informasi produk yang jelas, promo dan diskon, pengiriman yang cepat, dorongan teman dan dorongan media sosial. Jenis shopaholic pada informan termasuk pada shopaholic kompulsif, shopaholic pemburu imajinasi dan shopaholic diskon. Kata kunci: E-commerce, Shopee, Gaya Hidup, Shopaholic.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ida Yanti |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:14 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:14 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5666 |
Actions (login required)
View Item |