AKMALIA, AKMALIA (2024) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN METODE TRIZ (Studi Kasus: Aplikasi Identitas Kependudukan Digital pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
AKMALIA_200180131_Cover.pdf Download (81kB) |
|
Text
AKMALIA_200180131_Abstrak.pdf Download (155kB) |
|
Text
AKMALIA_200180131_Bab I.pdf Download (177kB) |
|
Text
AKMALIA_200180131_Daftar Pustaka.pdf Download (177kB) |
|
Text
AKMALIA_200180131_SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Disdukcapil Kabupaten Aceh Utara sebagai salah satu instansi pemerintahan yang melakukan pelayanan publik. Adanya aplikasi IKD juga dimanfaatkan dalam melakukan pelayanan seperti pelayanan terhadap pembuatan atau perbaikan KTP. Salah satu metode yang dapat menganalisis kualitas pelayanan adalah Servqual (Service Quality) dan TRIZ (Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadatch). Servqual digunakan untuk menentukan tingkat kualitas pelayanan yang diberikan sedangkan penggunaan TRIZ guna untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Berdasarkan hasil kuesioner yang diisi oleh 385 orang, terdapat penyataan masih belum puas terhadap pelayanan yang diberikan. sehingga perlu dilakukan perbaikan terhadap analisis untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Dari hasil pengolahan data menggunakan metode servqual terdapat 8 variabel yang memiliki nilai negatif. Nilai variabel tertinggi adalah P5 dengan nilai -0,61 dan P16 merupakan variabel yang memiliki nilai negatif terkecil dengan hasil -0,04. Berdasarkan hasil analisis menggunakan TRIZ didapakan 8 Inventive principles yang digunakan untuk mengatasi gap permasalahan yang ada adalah nomor 3,8,13,22,24,28,35 dan 36 karena muncul lebih dari satu kali. Berdasarkan frekuensi tertinggi yaitu nomor 35 Parameter changes (Perubahan parameter). Maka usulan untuk perbaikan berdasarkan prinsip nomor 35 yang bisa diberikan adalah Petugas harus melakukan pelayanan penggunaan aplikasi IKD disetiap jam kerja agar adanya kejelasan bagi pengguna yang ingin melakukan pelayanan dan dapat mengurangi antrian yang panjang saat memberikan pelayanan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Akmalia Akma lia |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 03:19 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 03:19 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5513 |
Actions (login required)
View Item |