dira, nuzulia (2023) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
DIRA NUZULIA_190730004_COVER.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DIRA NUZULIA_190730004_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DIRA NUZULIA_190730004_Bab 1.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DIRA NUZULIA_190730004_Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DIRA NUZULIA_190730004_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ETNOSAINS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan etnosains pada Serunee On U dalam pembelajaran fisika serta mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi di SMAN 1 Dewantara. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design, untuk pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Pada penelitian yang diambil merupakan kelas XI, kelas yang diambil sebagai sampelnya adalah dua kelas yaitu kelas XI-A1 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI-A2 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney pada SPSS Versi 26 diperoleh untuk pretest signifikan 0,627 > 0,05. dan diperoleh nilai posttest signifikan (2-tailed) 0,039 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berfikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains pada materi gelombang bunyi. Dan respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis etnosains pada materi gelombang bunyi mendapatkan skor rata-rata 86,79% dengan kriteria sangat kuat serta menarik dan layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran . Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berfikir Kritis, Etnosains, Gelombang bunyi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Pd dira dira nuzulia
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:57
Last Modified: 07 Feb 2024 03:57
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by