NATASHA, FENNY ROSE (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE NATURE LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI MENULIS TEKS PUISI DI SMA NEGERI 5 LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER. FENNY .pdf Download (552kB) |
|
Text
ABSTRAK.FENNY.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I. FENNY .pdf Download (7MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI FENNY ROSE NATASHA (200740076).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
FENNY ROSE NATASHA: Pengaruh Penggunaan Metode Nature Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Menulis Teks Puisi di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode Nature Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X dalam konteks menulis puisi di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 5 Lhokseumawe masih cenderung rendah, namun saat ini perlunya siswa SMA/MA memilik kemampuan berpikir yang lebih kritis, khususnya dalam menulis. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design, yaitu melakukan pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan kontrol untuk mendapatkan data penelitian yang akurat. Penelitian ini dilakukan pada semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 dan X-3 yang berjumlah sebanyak 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu penentuan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan yang sudah ditentukan. Teknik dan Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes unjuk kerja tentang menulis teks puisi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homgenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil uji-t pada hasil menulis puisi siswa terdapat nilai sig. (2-taileld) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh metode Nature Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi menulis teks puisi kelas X di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa dalam menulis puisi, terdapat nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen dengan nilai 53,38 meningkat saat uji posttest pada kelas eksperimen mejadi 80,65. Nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa dalam menulis puisi pada pretest kelas kontrol dengan nilai 48,90 meningkat saat uji posttest pada kelas kontrol menjadi 67,65. Kata Kunci: Metode Nature Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Menulis Puisi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201 - Jurusan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Fenny Rose Natasha Fenny |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:22 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5364 |
Actions (login required)
View Item |