Nazarina, Siti (2024) ANALISIS SENTIMEN KONSUMEN TERHADAP SKINCARE THE ORIGINOTE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover Siti Nazarina.pdf Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK Siti Nazarina.pdf Download (61kB) |
|
Text
BAB I Siti Nazarina.pdf Download (123kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Siti Nazarina.pdf Download (84kB) |
|
Text
Full-text Siti Nazarina.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penampilan yang menarik dan wajah yang mempesona merupakan dambaan bagi semua kaum hawa. Salah satu faktor penting dalam penampilan adalah kulit yang sehat dan cerah. Untuk itu, perawatan kulit menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan keindahan kulit. Saat ini, banyak wanita yang semakin sadar akan pentingnya merawat kulit meskipun banyak aktivitas luar ruangan yang dapat merusak kulit untuk membantu perempuan memilih skincare yang tepat, penelitian ini menganalisis sentimen konsumen terhadap produk skincare The Originote menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Analisis sentimen berguna untuk memahami, mengekstrak, dan mengolah data opini konsumen secara otomatis untuk mendapatkan sentimen yang terkandung dalam opini tersebut. Penelitian ini mengelompokkan sentimen menjadi tidak cocok, kurang cocok, cocok, sangat cocok, berdasarkan ulasan konsumen. Data ulasan dikumpulkan dari situs web belanja yakni di Tokopedia dari halaman ulasan. Proses pra-pemrosesan data melibatkan pembersihan dan pemformatan data teks ulasan. Ekstraksi fitur dilakukan dengan metode TF-IDF untuk mengubah teks menjadi representasi numerik yang dapat diproses oleh model SVM. Model SVM dilatih menggunakan data latih dan dievaluasi menggunakan data uji untuk mengukur kinerjanya dalam mengklasifikasikan sentimen konsumen. Hasil penelitian ini ditujukan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pandangan konsumen terhadap merek skincare The Originote. Hasil analisis sentimen ini membantu konsumen dalam membuat keputusan yang lebih tepat mengenai kecocokan produk skincare The Originote sebelum melakukan pembelian. Hasil metode SVM mampu menganalisis sentimen dengan tingkat akurasi mencapai 92.00% , sehingga efektif dalam mengkategorikan sentimen konsumen menjadi sangat cocok, cocok,kurang cocok, dan tidak cocok. Dengan demikian, metode SVM terbukti tepat dan handal dalam mengidentifikasi dan memahami persepsi konsumen terhadap produk skincare The Originote. Kata Kunci: Analisis, Sentimen, Tokopedia, SVM, Akurasi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Siti Nazarina Siti Nazarina |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:56 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:56 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/5341 |
Actions (login required)
View Item |