Mutia, Syarifah (2024) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (379kB)
[img] Text
2019_Syarifah Mutia_190730071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan reduksi miskonsepsi dengan penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning pada materi hukum Newton di kelas VIII MtsS Ulumuddin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desain dengan menggunakan desain non equivalent control.Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII8 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII9 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang. Intrumen tes yang digunakan berbentuk pilihan ganda berdesain 3 tingkat (Three-Tier) yang berbantuan dengan CRI (Certainty of Respons Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi sebelum diterapkan model Guided Discovery Learning pada kelas eksperimen yaitu sebesar 40% dengan kategori sedang dan setelah diterapkan model Guided Discovery Learning sebesar 20%, sehingga persentase rata-rata miskonsepsi siswa yang dapat tereduksi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning sebesar 20% dengan kategori rendah. Pada kelas kontrol terjadi penurunan miskonsepsi sebesar 7%, dimana pada hasil pretest rata-rata miskonsepsi siswa sebesar 37%. Berdasarkan data uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sampel T-test, diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat mereduksi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton. Kata Kunci: Three-tier test diagnostic test, Guided Discovery Learning, Miskonsepsi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Syarifah Mutia
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:40
Last Modified: 19 Aug 2024 06:40
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by