'Ula, Mutia Zahratul (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Hukum Newton. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Mutia Zahratul 'Ula_190730026_Cover.pdf Download (193kB) |
|
Text
Mutia Zahratul 'Ula_190730026_ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text
Mutia Zahratul 'Ula_190730026_BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
Mutia Zahratul 'Ula_190730026_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text
Mutia Zahratul 'Ula_190730026_Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Hukum Newton.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Mutia Zahratul Ula : Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hukum Newton. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: 1) untuk mengetahui kelayakan LKPD fisika berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Hukum Newton; 2) untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D) dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 yang berjumlah 27 orang, yang berlokasi disalah satu sekolah SMA Negeri 1 Syamtalira Bayu yang ada di Aceh Utara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis masing-masing data adalah nilai kualitatif dan kuantitatif dari hasil validasi LKPD dan respons peserta didik. Hasil penelitian yang didapat adalah: 1) persentase kelayakan pengembangan LKPD yang didapat dari validator ahli materi sebesar 84,59% dengan kriteria sangat layak, dan persentase yang didapat dari validator ahli media sebesar 83,33% dengan kriteria sangat layak, serta persentase yang didapat dari validator ahli guru sebesar 91,17% dengan kriteria sangat layak; 2) hasil respons siswa pada uji coba pemakaian didapatkan persentase sebesar 83,75% dengan kriteria sangat menarik; 3) LKPD fisika berbasis Inkuiri Terbimbing dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 0.64 dengan kriteria “sedang”. Maka dapat disimpulan LKPD fisika berbasis Inkuiri terbimbing dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar, LKPD, Inkuiri Terbimbing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mutia Zahratul ‘Ula |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 08:44 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 08:44 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4567 |
Actions (login required)
View Item |