KHOTIMAH, KHUSNUL (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER (2).pdf Download (47kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (376kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (245kB) |
|
Text
SKRIPSI KHUSNUL KHOTIMAH_200710047 SELESAI.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Lhokseumawe, disebabkan oleh mereka kurang tertarik terhadap pelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini menggunakan jenis quasi experimental dengan desain the nonequivalentp posttest-only control group design. Penelitian ini menguji pengaruh pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik. Seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Lhokseumawe dijadikan sebagai populasi. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, dipilih peserta didik kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui posttest kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket kemandirian belajar. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan menggunakan software SPSS 26, dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data, signifikansi hasil pengujian data terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik diperoleh sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Lebih lanjut analisis data kemandirian belajar peserta didik menunjukkan signifikansi sebesar 0,001. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan PMR terhadap kemandirian belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Khusnul Khotimah |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 06:55 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 06:55 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4546 |
Actions (login required)
View Item |