Zega, Erniyanti (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KATEGORI WATSON DALAM MENYELESAIKAN SOAL LITERASI NUMERASI. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
COVER ERNI.pdf Download (216kB) |
|
Text
ABSTRAK ERNI.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB 1 ERNI.pdf Download (358kB) |
|
Text
DAPUS ERNI.pdf Download (425kB) |
|
Text
SKRIPSI ERNIYANTI ZEGA.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal literasi numerasi pada materi invers dan determinan matriks ordo 2x2. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diambil 6 siswa dari 16 peserta didik di kelas XI IPAS 1 SMA Negeri 1 Peusangan yang paling dominan melakukan banyak kesalahan. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi adalah: 1). Data tidak tepat (inappropriate data/id), yaitu siswa kurang teliti dalam memahami soal dengan persentase 5,7%, 2). Prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), yaitu siswa menyelesaikan soal dengan langkah-langkah yang kurang tepat dengan persentase 15,8%, 3). Data hilang (omitted data/od), yaitu siswa tidak memahami sepenuhnya soal sehingga siswa tidak mendapatkan data dari soal dengan persentase 8,9%, 4). Kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), yaitu siswa tidak menuliskan kesimpulan pada akhir penyelesian dengan persentase 26,6%, 5). Konflik level respon (response level conflict/rlc), yaitu siswa tidak paham konsep penyelesaian dengan persentase 0,63%, 6). Manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), yaitu siswa memanipulasi jawaban secara tidak langsung dengan persentase 0,63%, 7). Masalah hierarki keterampilan (skill hierarchy problem/shp), siswa melakukan kesalahan dalam operasi perhitungan dengan persentase 18,3 dan (8). Kesalahan Superioritas (Superiority Error/se). Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah tidak teliti saat menyelesaikan soal, tidak memahami soal dengan baik, tidak paham konsep penyelesaikan, dan terlalu terburu-buru saat menyelesaikan soal dengan persentase 23,4%. Kata kunci: Invers dan Determinan Matriks, Kesalahan Jawaban, Literasi Numerasi, Watson.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erniyanti EZ Zega |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:47 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:47 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4489 |
Actions (login required)
View Item |