SIREGAR, AULIYAH FITRIYANI (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI TINGKAT HABITS OF MIND (HOM). S1 thesis, universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (525kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (510kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (739kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (536kB)
[img] Text
full file.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa disebabkan oleh proses pembelajaran yang terlalu bergantung pada pengajaran dari guru, sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang menitik beratkan pada siswa. Salah satu solusi yang digunakan adalah pembelajaran dengan Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran RMT terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari tingkat habits of mind. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis preexperimental design dan menggunakan design one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kels X MAS Darul Falah. Dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling, maka ditetapkan sampel penelitian yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas yang akan diterapkan pembelajaran RMT (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang diberikan pada awal dan akhir pembelajaran. Pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Kruskal Wallis dengan bantuan software SPSS 25 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikan sebesar 0,03 artinya H0 ditolak atau H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran RMT terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Sedangkan pengolahan data menggunakan uji Kruskal Wallis diperoleh nilai signifikan sebesar 0,014 yang berarti H0 ditolak atau terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran RMT terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari tingkat habits of mind siswa. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Rigorous Mathematical Thinking (RMT), dan Tingkat Habits of Mind.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Auliyah fitriyani siregar
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:46
Last Modified: 15 Aug 2024 02:46
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4488

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by