KHUSNA, RIZKA WALIDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN AND CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM MERDEKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah model pembelajaran yang berfokus pada guru, sehingga peserta didik kurang dituntut dalam membaca. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang menitikberatkan kepada peserta didik dan dapat mendorong peserta didik dalam membaca, salah satunya yaitu model pembelajaran RADEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, dengan kelas yang terpilih yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas yang dijadikan sampel terdiri dari 20 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu posstest kemampuan literasi numerasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji mann-whitney U test berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest kemampuan literasi numerasi peserta didik, didapat asymp sig 0,028. Berdasarkan kriteria uji hipotesis data, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain and Create (RADEC) terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada Kurikulum Merdeka. Kata kunci: RADEC, Kemampuan Literasi Numerasi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: RIZKA WALIDA KHUSNA
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:46
Last Modified: 15 Aug 2024 03:46
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4461

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by