MINTAITO, MINTAITO (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover Skripsi Mintaito.pdf Download (287kB) |
|
Text
Abstrak Skripsi Mintaito.pdf Download (332kB) |
|
Text
Bab I Skripsi Mintaito.pdf Download (459kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi Mintaito.pdf Download (421kB) |
|
Text
Skripsi Mintaito_200710052.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pemahaman konsep matematis siswa di indonesia masih tergolong rendah,rendahnya pemahaman konsep matematis siswa berhubungan dengan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaan explicit instruction terhadap pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantiatif, yang merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Gandapura sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas X Merdeka 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Merdeka 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes essay yang telah divalidasi dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, dan uji non-parametrik berbantuan SPSS versi 26. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji non-parametrik mann-whitney-test diperoleh signifikan 0,018 < taraf sig (α=0,05) ini berarti bahwa H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap pemahaman konsep matematis. Sedangkan hasil pengujian friedman memperoleh nilai signifikan 0,000 maka nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara model pembelajaran explicit instruction dengan kemandirian belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mintaito Mintaito Mintaito |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:54 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:54 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4371 |
Actions (login required)
View Item |