Nuraini, Nuraini (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Nuraini_200730007_Cover.pdf Download (70kB) |
|
Text
Nuraini_200730007_Abstrak.pdf Download (53kB) |
|
Text
Nuraini_20073007_Bab I.pdf Download (116kB) |
|
Text
Nuraini_200730007_Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) |
|
Text
Nuraini_200730007_Pengaruh Strategi Pembelajaran Socio Scientific Issues (SSI) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pemanasan Global.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Socio Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen yang berbentuk Nonequivalen (Pretest and Posttest) Control Group Desain. Cara menerapkan sampel dengan teknik Purposive Sampling dimana didapatkan total 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas X1 dan X2 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 41,04 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa adalah 66,46, Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa adalah 48,33 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa adalah 59,17. Berdasarkan data uji statistik dengan menggunakan uji independent sample test pada SPSS Versi 23 diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,003 < signifikansi 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana H0 adalah tidak terdapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa dan Ha adalah tedapat pengaruh strategi SSI terhadap literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Aini Aini Ai |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:28 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/4299 |
Actions (login required)
View Item |