Dhani, Saniah (2024) Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi BTNS Mobile Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik dan System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Malikussaleh). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
SANIAH DHANI_200180010_Cover.pdf Download (148kB) |
|
Text
SANIAH DHANI_200180010_Abstrak.pdf Download (251kB) |
|
Text
SANIAH DHANI_200180010_Bab 1.pdf Download (273kB) |
|
Text
SANIAH DHANI_200180010_Daftar Pustaka.pdf Download (217kB) |
|
Text
SANIAH DHANI_200180010_Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi BTNS Mobile Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik dan System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Malikussaleh).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kepuasan pengguna terhadap aplikasi merupakan hal penting dalam memastikan bahwa aplikasi tersebut memenuhi pengalaman pengguna. Objek dalam penelitian ini adalah BTNS mobile, dimana aplikasi ini hanya mendapat rating 3.0 dari 5 bintang di google play store. Terdapat banyak keluhan dan ulasan negatif mengenai BTNS mobile. Penelitian ini melibatkan 185 responden dan 3 orang expert serta pegawai bank BTN. Evaluasi heuristik oleh expert mengidentifikasi isu-isu signifikan, seperti ketidaksesuaian tombol dan tautan serta desain yang belum memenuhi standar estetika minimalis. Responden dari jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika lebih kritis dalam penilaiannya terbukti dari beberapa aspek mendapat nilai severity rating yaitu 2, sementara responden dari jurusan lain cenderung memberikan nilai 1 atau "Cosmetic problem". Evaluasi oleh pihak bank menunjukkan aplikasi memiliki masalah minor atau skala 2. Skor rata-rata SUS adalah 64, dalam kategori "Marginal", dengan perbandingan antara jurusan Sistem Informasi/Teknik Informatika (63,2) dan jurusan lain (65,3). Skor kepuasan menurut bank adalah 69,4. Evaluasi heuristik merekomendasikan perbaikan pada beberapa aspek aplikasi, termasuk visibility of system status, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, hingga help and documentation. Rekomendasi perbaikan termasuk peningkatan UI/UX, fitur bantuan, opsi login yang lebih aman, serta perbaikan pada tampilan dashboard, menu transfer, dan pembayaran. Kata Kunci: Kepuasan pengguna, evaluasi heuristik, system usability scale (SUS)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Saniah Dhani Saniah Dhani |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:47 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:47 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3753 |
Actions (login required)
View Item |