Suraya, Almi (2024) ANALISIS POLA PENJUALAN MINAT BELI PRODUK DI ZAHRA MARKET MENGGUNAKAN METODE RANDOM FOREST DAN GRADIENT BOOSTING. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
cover.pdf Download (38kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (34kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (46kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (153kB) |
|
Text
190180054_Almi Suraya_TGA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan bisnis pada masa sekarang ini menuntut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Minimarket sudah banyak menggunakan teknologi tersistem komputerisasi untuk menyimpan data penjualan sehingga mempermudah dalam menentukan pembelian produk. pelaku usaha ritel dalam bisnis ini perlu menganalisis/ mengelola mengenai data penjualannya. Begitu pula Zahra Market merupakan ritel modern yang berada di desa Batuphat Timur, banyaknya jenis produk makanan dan non-makanan yang tersedia dengan harga yang berbeda-beda untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen setiap hari. Pada penelitian ini dilakukan analisis pola penjualan minat beri produk di Zahra Market, dengan menggunakan metode random forest dan gradient boosting dengan memanfaatkan software rapidminer yang merupakan pengolah data yang digunakan dalam menemukan solusi pada data mining. Analisis menerapkan model klasifikasi untuk random forest dan regression pada gradient boosting yang dilihat dari penetapan atribut serta target prediksi sehingga mendapatkan model yang sesuai untuk prediksi. Hasil penelitian ini perbandingan 70:30, dimana data dengan jumlah 70% dari keseluruhan digunakan untuk data latih dan 30% untuk data uji. Setelah dilakukannya proses prediksi dengan menggunakan algoritma model random forest maka persentase accuracy sebesar 87.45%, nilai recall sebesar 69,23%, serta nilai precisi sebesar 90%. Selanjutnya proses prediksi dengan menggunakan algoritma gradient boosting regression pada RapdMiner menunjukkan MSE sebesar 1028504,44 dan RMSE sebesar 1014,15204, ini menunjukkan performa yang sangat baik. Adapula hasil analisis pola penjualan minat beli produk di Zahra Market menunjukkan produk banyak diminati pembeli Perempuan. Kata Kunci: Penjualan, Prediksi, Random Forest, Gradient Boosting, Rapidminer
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Almi Suraya |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:34 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:34 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3721 |
Actions (login required)
View Item |