Yuanita, Devika (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Devika Yuanita_200730009_Cover.pdf Download (22kB) |
|
Text
Devika Yuanita_200730009_Abstrak.pdf Download (116kB) |
|
Text
Devika Yuanita_200730009_Bab I.pdf Download (394kB) |
|
Text
Devika Yuanita_200730009_Daftar Pustaka.pdf Download (404kB) |
|
Text
Devika Yuanita_200730009_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIA MAN Kota Lhokseumawe yang berjumlah 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel berjumlah 25 orang pada masing – masing kelas. Pada kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SSCS dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan rata – rata hasil pretest peserta didik pada kelompok eksperimen yaitu 32,00 dan rata – rata hasil posttest yaitu 81,80, sedangkan pada kelompok kontrol rata – rata hasil pretest peserta didik yaitu 33,40 dan rata – rata hasil posttest yaitu 68,60. Berdasarkan hasil data uji statistik dengan uji statistik parametrik menggunakan uji Independent Samples T-Test diperoleh hasil sig. (2 – tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi termodinamika. Kata Kunci: SSCS, Pemahaman Konsep, Termodinamika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Devika Yuanita |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 03:12 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 03:12 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3586 |
Actions (login required)
View Item |