Sagala, Ronal Arpandi (2024) CITRA POSITIF LAKI-LAKI BATAK DALAM FILM NGERI-NGERI SEDAP (Analisis Semiotika Roland Barthes). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Cover.pdf Download (36kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (6kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (80kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (74kB) |
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam industri media massa, film dapat melanggengkan stereotip tentang kelompok etnis tertentu. Sebagai contoh, suku Batak sering digambarkan sebagai suku yang keras dan tegas, terutama pada kaum pria. Film 'Ngeri-Ngeri Sedap' yang dirilis pada tahun 2022 merupakan contoh terbaru dari hal ini, yang menggambarkan konflik keluarga dalam sebuah keluarga Batak. Penelitian ini menganalisis film 'Ngeri-Ngeri Sedap' dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, berfokus pada aspek Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Nilai-nilai lain yang penting adalah Hamoraon (kekayaan), Hagabeon (keturunan), dan Hasangapon (kehormatan). Film "Ngeri-Ngeri Sedap" menggambarkan karakteristik ini melalui tokoh-tokohnya, memperlihatkan bagaimana nilai-nilai budaya Batak yang tanamkan oleh orang tua menjadikan anak laki-laki batak terkesan tangguh, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai citra laki-laki Batak yang digambarkan dalam film tersebut. Analisis film ini mencakup setiap adegan dan shot, serta artikel-artikel terkait tentang adat dan budaya suku Batak. Analisis ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana stereotip suku Batak digambarkan dalam film dan bagaimana penggambaran ini berdampak pada persepsi penonton terhadap identitas etnis mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201 - Jurusan Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ronal Arpandi Sagala |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 02:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 02:40 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/3577 |
Actions (login required)
View Item |