MISRINA, MISRINA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 PEUSANGAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
cover.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text
MISRINA_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL TERH (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini akan mengeksplorasi permasalahan terkait rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Superitem berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Peusangan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sehingga data yang diperoleh berupa angka. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Peusangan dengan sampel yang dipilih 2 kelas dari 4 kelas yang tersedia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran menggunakan model Superitem berbasis HOTS dan kelas X2 sebagai kelas konvensional. Soal posttest sebanyak 3 butir soal uraian diberikan kepada 21 siswa di kelas eksperimen dan 21 siswa di kelas kontrol di SMA Negeri 1 Peusangan. Data yang diperoleh dari hasil posttest dianalisis dengan uji normalitas data selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Homogenitas karena data berdistribusi normal, dilakukan uji tersebut adalah untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran Superitem berbasis Higher Order Thinking Skill terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Peusangan secara signifikan. Dari hasil analisis dan data nilai posttest yang diuji menggunakan uji t dengan bantuan software IBM SPSS 21 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan dari penggunaan model pembelajaran Superitem berbasis Higher Order Thinking Skill terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Peusangan. Kata kunci : Superitem, HOTS, dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Misrina Misrina
Date Deposited: 30 May 2024 02:23
Last Modified: 30 May 2024 02:23
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by