Rahayu, Zahara (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Problem Solving Pada Materi Vektor di MAN 3 Aceh Utara. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
ZAHARA RAHAYU_190710052_Cover.pdf Download (36kB) |
|
Text
ZAHARA RAHAYU_190710052_Abstrak.pdf Download (30kB) |
|
Text
ZAHARA RAHAYU_190710052_Bab I.pdf Download (121kB) |
|
Text
ZAHARA RAHAYU_190710052_Daftar Pustaka.pdf Download (103kB) |
|
Text
ZAHARA RAHAYU_190710052_Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Problem Solving pada Materi Vektor di MAN 3 Aceh Utara.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran berupa modul berbasis pendekatan problem solving di MAN 3 Aceh Utara khususnya materi vektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan problem solving pada materi vektor di MAN 3 Aceh Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan R&D menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 3 Aceh Utara. Subjek pada penelitian ini adalah 2 ahli media dan 2 ahli materi, serta siswa kelas XI MIA 3 sebanyak 6 siswa dengan kategori berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dan siswa kelas XI MIA 4 sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes, lembar validasi ahli dan angket respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu: (1) analisis kelayakan modul pembelajaran, (2) analisis kepraktisan modul pembelajaran, dan (3) analisis keefektifan modul pembelajaran. Hasil penilaian yang diperoleh sebagai berikut: (1) berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan hasil penilaian sebesar 86% dengan kriteria sangat layak, (2) berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan hasil penilaian sebesar 93,2% dengan kriteria sangat layak, (3) berdasarkan hasil dari 6 siswa mendapatkan hasil penilaian sebesar 96,5% dengan kriteria sangat layak, (4) berdasarkan hasil respon 25 siswa mendapat hasil penilaian sebesar 92,1% dengan kriteria sangat praktis, dan (5) berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa mendapatkan 84% siswa yang tuntas belajar dengan kategori sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan problem solving khususnya materi vektor sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Problem Solving, Vektor.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zahara Rahayu |
Date Deposited: | 07 May 2024 04:13 |
Last Modified: | 07 May 2024 04:13 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2204 |
Actions (login required)
View Item |