Lubis, Maulida Aufa Rofiki (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE (RADEC) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA PADA KURIKULUM MERDEKA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Maulida Aufa Rofiki Lubis_200720035_Cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Maulida Aufa Rofiki Lubis_200720035_Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Maulida Aufa Rofiki Lubis_200720035_Bab 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Maulida Aufa Rofiki Lubis_200720035_Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Maulida Aufa Rofiki Lubis_200720035_Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain and Create (RADEC) Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Siswa pada Kurikulum Merdeka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

MAULIDA AUFA ROFIKI LUBIS : Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain and Create (RADEC) Terhadap Kemampuan Literasi Kimia pada Kurikulum Merdeka. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Read, Answer, Discuss, Explain and Creat (RADEC) terhadap kemampuan literasi kimia siswa kelas XI SMA Negeri 7 Lhokseumawe melalui aspek literasi kimia yaitu aspek konteks, pengetahuan dan kompetensi. Hasil Program for International Student Assessment (PISA) 2018 menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih berada di peringkat 73 dengan skor 371 dan rata-rata kemampuan literasi sains negara OECD 487 dari 78 negara yang mengikutinya. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang mengambil lintas minat pelajaran Kimia, yaitu kelas XI-1 dan XI-2 yang bejumlah sebanyak 55 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, yaitu penentuan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu. Teknik dan Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal essay dalam bentuk cerita atau literasi yang berjumlah 9 soal tentang laju reaksi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan tes literasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil uji-t pada hasil belajar tes literasi kimia siswa terdapat nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas XI SMAN 7 Lhokseumawe pada materi laju reaksi. Nilai rata-rata aspek literasi kimia siswa, terdapat nilai rata-rata aspek konteks pada kelas eksperimen sebesar 79,01, aspek pengetahuan 87,65 dan aspek kompetensi 60,49. Nilai rata-rata aspek konteks pada kelas kontrol sebesar 69,04, aspek pengetahuan 35,11 dan aspek kompetensi 45,83 Pengaruh kemampuan literasi kimia ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEC sebesar 76 dengan kriteria Baik lebih tinggi dibandingkan dengan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 50 dengan kriteria Cukup. Dengan demikian pada ke lima tahapan model pembelajaran RADEC dapat merangsang siswa untuk bereksperimen dalam rangka menemukan pengetahuan yang mengakibatkan potensi mereka berkembang. Kata Kunci : RADEC, literasi kimia, PISA, laju reaksi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulida Aufa Rofiki Lubis
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:34
Last Modified: 30 Apr 2024 02:34
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by